Oleh : Neng Yesseu Kristina, S.Pd.
Guru Bahasa Inggris Kelas 9 SMPN 1 Kersamanah
Kondisi Covid-19 mengakibatkan banyak sektor terdampak, termasuk dunia pendidikan. Sekolah melalui KEMENDIKBUD menerapkan Work from Home (WFH) atau bekerja dari rumah bagi setiap lembaga atau instansi pendidikan. Pemerintah memberi kebijakan bagi setiap sekolah untuk melakukan pembelajaran secara daring, yakni dengan menggunakan digital gadget(laptop atau HP) untuk mengakses Website atau Link pembelajaran daring seperti Google Form, Microsof Teams, Microsoft 365, Google Classroom, dll. Kebijakan pelaksanaan daring bagi siswa telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia melalui Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Covid-19 dan diperkuat dengan Surat Edaran Sesjen nomor 15 tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan BDR selama darurat Covid-19 yang menyatakan bahwa tujuan Belajar Dari Rumah (BDR) adalah untuk memenuhi standard pendidikan melalui pemanfaatan teknologi informasi dengan menggunakan perangkat komputer atau gadget yang saling terhubung antara siswa dan guru.
Kondisi pembelajaran daring masa pandemi menyebabkan motivasi belajar menurun sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa ikut menurun, motivasi sangat diperlukan untuk membangkitkan gairah belajar siswa sehingga kegiatan belajar dapat berjalan dengan baik dan diharapkan akan mendapatkan hasil belajar yang baik.Seorang siswa yang tidak memiliki motivasi belajar yang tinggi, tidak akan mungkin bisa melakukan kegiatan belajar dengan baik sehingga hasil belajarnya pun juga rendah, begitupun sebaliknya.
Motivasi belajar siswa menurun dikarenakan pada saat pembelajaran daring mereka terbiasa santai dalam mengerjakan tugas atau belajar karena kurangnya pengawasan. Usaha walimurid yang terlalu memberikan kemudahan atau memberi bantuan pada siswa dalam menyelesaikan tugas berakibat negatif pada perkembangan siswa kedepannya. Akibat siswa lebih mengacuhkan tugas-tugasnya jika tidak ada pendampingan, dan siswa akan kurang percaya diri dalam setiap penyelesaian tugas tugasnya. Sehingga dampaknya dirasakan sekarang pada saaat pembelajaran kembali normal, siswa masih terbawa suasana pembelajaran daring dan kurang termotivasi dalam belajar.