Jurnal refleksi merupakan salah satu elemen kunci pengembangan keprofesian karena dapat mendorong guru untuk mengaitkan teori dan praktik, serta menumbuhkan keterampilan dalam mengevaluasi sebuah topik secara kritis. Menuliskan jurnal refleksi secara rutin akan memberikan ruang bagi seorang praktisi untuk mengambil jeda dan merenungi apakah praktik yang dijalankannya sudah sesuai, sehingga ia dapat memikirkan langkah berikutnya untuk meningkatkan praktik yang sudah berlangsung.
Salah satu Jurnal Refleksi yang akan saya bahas pada postingan kali ini adalah Model 5R (Reporting, Responding, Relating, Reasoning, Reconstructing). Apa itu model 5R? Dan bagaimana contoh penggunaan model tersebut dalam jurnal refleksi mingguan? Untuk mengetahui semua itu mari kita akan bahas satu persatu.
Eksplorasi Konsep (Selasa, 28 Februari 2023)
Menganalisis konsep 5 KSE (kesadaran diri, pengelolaan diri, kesadaran sosial, keterampilan relasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab) yang berbasis kesadaran penuh dalam 5 contoh kasus.
Ruang Kolaborasi (Rabu, 1 Maret 2023)
Mendiskusikan dan menyusun inisiatif program penguatan kompetensi sosial dan emosional bagi murid dan rekan sejawat di sekolah.
Demonstrasi Kontekstual (Rabu, 8 Maret 2023)
Mendemonstrasikan pemahaman tentang implementasi pembelajaran Kompetensi Sosial dan Emosional dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Elaborasi Pemahaman (Senin, 6 Maret 2023)
Setelah memahami konsep kunci dan implementasi pembelajaran sosial emosional berbasis kesadaran penuh melalui pembelajaran mandiri dan gotong royong, CGP akan mengelaborasikan pemahaman tersebut lebih lanjut melalui tanya-jawab dan diskusi.
Koneksi Antarmateri
CGP mengambil makna dari pengalaman yang berkaitan dengan pembelajaran 5 (lima) kompetensi sosial dan emosional, membuat kesimpulan tentang perubahan pengetahuan, keterampilan, sikap sebagai pemimpin pembelajaran yang berpihak pada murid setelah mempelajari pembelajaran sosial dan emosional dan membuat koneksi materi pembelajaran sosial dan emosional dengan modul-modul sebelumnya.
Aksi Nyata
Membagikan pemahaman tentang implementasi pembelajaran sosial emosional melalui 4 indikator yaitu: pengajaran eksplisit, integrasi dalam praktek mengajar guru dan serta kurikulum akademik, penciptaan iklim kelas dan sekolah, dan penguatan kompetensi sosial dan emosional rekan sejawat di sekolah kepada rekan sejawat atau komunitas, dan merefleksikannya.
B. Responding
Pada kegiatan forum komunikasi dengan fasilitaor sebagai bahan persiapan diskusi ruang eksplorasi konsep saya mengajukan pertanyaan : Tahapan apa saja yang perlu dilakukan kita selaku guru dalam melakukan Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) agar pembelajaran tersebut berhasil dan berdaya guna?
Pada kegiatan aktivitas eksplorasi konsep kami berdiskusi secara sinkronus terkait materi Pembelajaran Sosial dan Emosional terutama Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mencerminkan PSE. Selanjutnya peserta mendiskusikannya di Brek of Room (BOR) masing-masing dimana hasilnya dipresentasikan pada Ruang Kolaborasi pada tanggal 1 Maret 2023 mulai pukul 15:40 – 17:45 dan saya satu kelompok bersama Pak Dodi Herdiana, S.Pd., Ibu Fitri Nurbani, S.Pd. Pada kegiatan tersebut kami mempresentasikan Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) jenjang SMP dan tampil pada urutan ke-2. Dalam diskusi tersebut peserta menanyakan terkait durasi waktu PSE dalam rancangan pembelajaran yang kami sampaikan dan kelompok kami meresponnya bahwa waktu tersebut bisa tersurat dalam RPP bisa juga tersirat dalam kegiatan.
C. Relating
Dari pembelajaran mandiri pada modul, diskusi dengan rekan CGP, Bapak Pengajar Praktik, Ibu Fasilitator serta Bapak Instruktur, dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa PSE dapat mengurangi stress dan tekanan yang dialami dalam proses belajar sehingga membantu peserta didik menjadi individu yang memiliki sikap positif baik terhadap diri maupun terhadap orang lain dalam berkehidupan sosial.
Dengan mempelajari materi terkait Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) permasalahan yang terjadi baik pada diri sendiri, rekan kerja serta peserta didik untuk penanganannya diperlukan pengetahuan, pemahaman mendalam serta pendekatan yang tepat terutama bagi peserta didik dalam pembelajaran dimana kita selaku guru yang berperan sebagai among dalam pembelajaran siswa tersebut diperlukan pengimplementasian PSE ini dalam kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sehingga peserta didik menjadi aman, nyaman dan menyenangkan selama pembelajaran tersebut.
D. Reasoning
Setelah dianalisa ternyata selama ini Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) sebetulnya sudah dilaksanakan baik secara pribadi juga oleh rekan guru lainnya hanya saja keilmuannya belum tersampaikan untuk itu diperlukan adanya sosialisasi secara berkelanjutan terkait pembelajaran diferensial dan PSE ini, selain sosialisai diperlukan juga dukungan penuh dari pihak sekolah terutama stake holder dalam mewujudkan PSE dan pembelajaran berdiferensiasi sehingga tujuan pembelajaran yang ingin dicapai peserta didik dapat tercapai dengan optimal, yang terjadi selama ini kadang hasil pengamatan peserta didik terkait type dan minat belajar, serta profil belajar siswa merupakan hasil pengamatan masing-masing guru bukan hasil penelitian secara umum dari pihak sekolah dan berdampak pada subjek yang sama hasilnya berbeda-beda, untuk itu diperlukan adanya pemyamaan format dan hasil yang diperoleh.
E. Reconstructing
Pembelajaran diferensial dan sosial emosional bagi warga sekolah terutama bagi peserta didik sangat diperlukan guna mengurangi tingkat stress di dalam pembelajaran.
Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan dukungan moril dan materil, sosialisasi dan penyamaan data sehingga dengan adanya penyamaan sumber data akan memudahkan pemetaan, dan penanganan baik guru, tenaga kependidikan terutama kegiatan pembelajaran siswa. Diharapkan dengan dukungan dan pengetahuan yang dimiliki terkait pembelajaran berdiferensiasi dan Sosial Emosional akan berdampak pencapaian tujuan pembelajaran siswa dapat diraih dengan maksimal.
Oleh : Dadang Setiawan, S.Pd.
CGP Angkatan 7
SMPN 1 Kersamanah
Komentar Terbaru